Selasa, 29 Desember 2015

Review Film Negeri Van Oranje

~Negeri Van Oranje~

Penasaran banget sama film yang satu ini. memiliki trailler film yang cukup menarik dengan setting tempat di negeri Belanda yang mempesona. bahkan di bagian awal film ini ketika sang tokoh utamanya yang ternyata tokoh cewek satu-satunya dalam film ini, dia menyebutkan sebuah quotes tentang negeri Belanda dalam bahasa belanda, yang artinya kurang lebih begini.. " Kalau kamu ingin mencari negeri di buku dongeng, semua ada di negeri Belanda ini" bayangin aja. negeri dongeng. terkenal dengan negeri yang begitu indah dan penuh khayalan. ternyata memang dalam film ini menurut saya mampu membuktikan betapa indahnya negeri ini dengan cara yang apik. para lakon disini yang terdiri dari 5 orang bersahabat yang menyebut persahabatan mereka AAGABAN. 4 cowok, Geri, Wicak, Banjar, dan Daus serta 1 cewek, Lintang. dikisahkan mereka adalah pelajar S2 Indonesia yang sedang menuntut ilmu di negeri Belanda dan merasa memiliki kesamaan nasib. pertemuan mereka diawali oleh Wicak, Banjar, dan Daus yang mudah berbaur hanya karena mereka samasama berasal dari Indonesia. dilanjutkan mereka bertemu Geri, sosok yang tergolong paling kaya diantara mereka, yang selalu berbaik hati mentraktir sahabat-sahabatnya ini dengan senang hati. barulah, yang terakhir muncul adalah dara cantik, Lintang. awal pertemuan mereka di kedai kopi dekat stasiun. menghasilkan persahabatan yang terus berlanjut dan kian hari kian erat.

Sebuah kisah tentang Persahabatan, dan Cinta. Lintang, satu-satunya cewek yang menurut saya adalah pemeran utama dalam film ini mampu membawa kesan romance dalam film ini begitu kental. wajar saja dia seorang gadis yang begitu jelita bahkan kesan pertamanya ketika masuk dalam persahabatan AAGABAN ini mampu membuat hati para cowok berlomba-lomba ingin mendapatkannya. namun diawal cerita sempat pupus harapan keempat cowok ini karena ternyata Lintang sudah memiliki pacar. seorang pria native Belanda bernama jereon. watak lakon jereon ini tak ramah dan nggak asik. dia adalah gambaran seorang pacar yang nggak baik menurutku. atau mungkin ini karena memang dikisahkan akan segera berakhir kisah cintanya dengan Lintang. benar saja memang ditengah cerita, Lintang putus dengan cowok ini. mulailah Lintang tertarik untuk memilih salah satu dari keempat sahabatnya yang kesemuanya ia kira masih single, dan memang terlihat berlomba-lomba memenangkan hatinya. betapa tidak? kesemuanya mempunyai QT masing-masing bersama Lintang. dan sepertinya ini memang salah satu cara untuk Lintang memilih satu diantara 4 sahabatnya ini.

Banjar. asli Banjarmasin makannya dipanggil Banjar. dia menurut saya sesosok cowok yang agak sedikit penuh Modus, tapi perhatian banget ke Lintang. sedikit mesum, tapi lucu. karakter terlucu kedua setelah Daus. Banjar mendapat giliran pertama untuk QT bersama Lintang, tapi kalau saya baca dari mimik dan ekspresi Lintang, nggak ada rasa yang spesial ke Banjar. dia cukup menjadi sahabatnya saja.

Daus. oke, sudah aku sebutkan kalau Banjar mendapat predikat lakon terlucu kedua, tentu Daus menjadi yang pertama. wajar saja sih karakter Daus yang lucu sangat dominan apalagi didukung pemerannya adalah seorang standup comedian terkemuka di tanah air. Ge Pamungkas. cocok dan keren. dapet banget kesan humoris dan freshnya. tapi sekali lagi, dari sudut pandang Lintang, sepertinya dia kurang cocok untuk menjadikan Daus lebih dari sahabat.

Selanjutnya adalah giliran Wicak. pria asli Banten yang penampilannya kucel, rambut panjang awut-awutan, kelihatan jarang mandi pagi, dan terkesan bodoamat dengan penampilannya. berwatak pendiam, namun punya banyak teman. terkesan cuek, namun perhatian. punya kebiasaan mengingat orang dengan satu hal yang pernah orang itu perbuat terhadapnya. mengingat orang dengan kesan pemberian atau perilakunya terhadap dirinya. sosok Wicak, cukup unik, misterius, dan baik. menurutku Lintang memang agak tertarik dengan Wicak.

Namun, jangan buru-buru menyimpulkan ketika kita belum membahas tentang Geri. sosok pria yang cool, high class, tajir, baik hati, nggak sombong, care banget, bahkan menurut Lintang sendiri, sosok Geri ini adalah yang paling perhatian sama dirinya. Lintang emang sempet Ge Er dan menganggap Geri lah sosok yang tepat untuk menggantikan Jereon. bahkan ketika Lintang sedang sedih-sedihnya pasca putus cinta dengan Jereon ini, Geri lah yang pertama kali mampu menenangkan dan membuat Lintang nyaman dalam pelukannya. bisa jelas ditebak, bahwa Lintang telah jatuh hati dan memutuskan menaruh harapannya pada Geri.

Kisah Cinta yang dibuat unik dalam film ini dengan cerita yang nggak gampang ditebak, membuat penontonnya berdebar, tercengang, sampai kecewa, telah ditunjukkan dalam film Negeri Van Oranje ini. kisah cinta Lintang pasca putus dengan pacarnya yang native Belanda tadi, melibatkan keempat sahabatnya yang sama-sama berjuang memenangkan hati Lintang. namun, ketika Lintang sudah menaruh hatinya pada salah satu sahabatnya ini, yap. Geri, ternyata hal yang nggak terduga terjadi. Geri yang selama ini menampakkan sikap yang manis, penuh perhatian, dan sangat baik kepada Lintang, ternyata tidak bermaksud untuk menjadikan Lintang sebagai kekasihnya. dia berbeda. Geri adalah seorang Homoseksual yang menyukai sesama jenis. secara otomatis, sebenarnya Lintang samasekali tidak menarik hatinya. andai kisah ini memiliki alur yang mudah ditebak, dengan petunjuk-petunjuk sedari awal kisah ini dimulai, semua petunjuk akan menuju pada Geri yang akan memenangkan hati Lintang, dan menjadi pengantin pria diawal kisah. film ini menggunakan alur campuran. kisah diawali dengan pernikahan Lintang dengan sesosok yang masih misterius, namun kita diizinkan mengetahui bahwa pengantin pria nya adalah salah satu dari keempat sahabat cowok Lintang tersebut. mata awam, secara kemungkinan besar pasti Geri lah yang menjadi tebakannya. namun sedari awal, saya pribadi telah menebak bukan Geri lah mempelai pria itu. tebakan saya, WICAK. and finally, betapa senangnya saya karena tebakan saya benar. diakhir cerita, ditayangkan bagaimana Wicak menyatakan cintanya pada Lintang. berawal dari Lintang yang ngambek karena dijadikan rebutan oleh ketiga sahabat cowoknya yang normal, dan masih tertarik terhadapnya ketika mereka berlibur ke Praha, Lintang yang ngambekpun pergi meninggalkan keempat sahabatnya, berlari. di malam hari. kontan semuanya khawatir, dan segera berpencar, mencari keberadaan Lintang. beruntunglah Wicak, dialah yang menemukan Lintang pertama kali. tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan, sosok Wicak yang pendiam, memilih untuk mengutarakan isi hatinya dengan caranya sendiri yang begitu sederhana, namun cukup indah, dan membuat iri hati penonton, khususnya saya pribadi. maklumlah, sebenarnya, karakter Wicak ini sedikit banyak mirip dengan seseorang. teman saya. yang cukup istimewa juga buat saya. ngaku aja ya.. sedikit baper ketika nonton ini. apalagi di part-part Wicak-Lintang. iri benar.. jadi bayangin kalo bisa kejadian beneran sama saya xD
oke, sekian review film ~Negeri Van Oranje~ dari saya yang bener-bener terkesan dengan film ini. kisah romansa yang enggak biasa, dibalut dengan suka cita persahabatan yang menyenangkan. Great!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar